Ciri-ciri dan Keuntungan Menggunakan Konsep Desain Interior Apartemen Minimalis

Kebanyakan apartemen hanya memiliki ruangan yang terbatas dan berbeda dengan rumah. Akan tetapi, Anda bisa menyesuaikan ruang yang kecil tersebut menjadi tempat yang sangat ramah untuk ditinggali. Caranya bagaimana? yaitu dengan menggunakan Desain Interior Apartemen Minimalis.

Bagi Anda yang masih asing dengan kata-kata tersebut maka ada baiknya melihat pembahasan mengenai ciri-ciri dan kelebihan desain ruang apartemen yang minimalis di bawah ini:

Ciri-ciri Desain Interior Apartemen Minimalis

Untuk membuat ruangan apartemen Anda menjadi terlihat minimalis maka Anda harus paham mengenai ciri-cirinya. Pembahasan selengkapnya dapat Anda simak di bawah ini:

  1. Mengurangi penggunaan Sekat Ruangan

Ciri-ciri yang pertama adalah dapat mengurangi penggunaan sekat rumah. Tidak seperti rumah zaman dahulu yang lebih memilih menggunakan sekat untuk membedakan antara satu ruang dengan satu ruangan lainnya.

Namun, dengan konsep minimalis sederhana, bahkan ruangan dengan konsep ini tidak menggunakan sekat sama sekali. Dengan ini maka Anda bisa melihat ruangan lain dengan mudah.

Tetapi, tentunya batas yang dimaksud di sini adalah batas untuk ruangan yang bukan privat. Untuk ruangan privat seperti kamar mandi harus tetap menggunakan sekat yang tertutup.

  • Menggunakan Material Kaca untuk Memberikan Kesan Luas

Desain interior pada apartemen yang minimalis biasanya menggunakan material kaca yang cukup banyak untuk memberikan kesan ruangan  yang lebih luas.

Apartemen minimalis kebanyakan menggunakan kaca jendela yang cukup besar untuk menyalurkan cara ke dalam ruangan.

Selain itu, kaca cermin juga sering diberikan di spot-spot tertentu sehingga membuat ruangan menjadi lebih luas.

Cermin yang dipakai pun juga tidak semuanya cermin yang besar akan tetapi penggunaan cermin yang kecil pun juga bisa digunakan.

Bahkan ada juga yang memilih mendesain ulang kaca cermin yang biasa menjadi cermin yang sangat dekoratif.

  • Menggunakan Furnitur yang Multifungsi

Ciri-ciri yang berikutnya adalah menggunakan berbagai jenis furnitur atau perabot yang multifungsi.

Hal ini sering terjadi mengingat bahwa kebanyakan ruangan di apartemen sangat kecil sehingga dapat disiasati dengan membuat furnitur yang berfungsi untuk beberapa hal.

Misalkan saja, tempat tidur yang mana di bawahnya digunakan sebagai almari baju. Tak hanya itu saja, ada meja makan yang bisa sekaligus menjadi lukisan dinding saat tidak digunakan.

Sebenarnya masih banyak lagi jenis furnitur yang biasa memiliki fungsi ganda bahkan lebih dari satu fungsi.

  • Menggunakan Teknologi yang Canggih

Tak hanya menggunakan furnitur yang berfungsi lebih dari satu, biasanya penghuni apartemen juga memilih menggunakan berbagai jenis teknologi canggih.

Bahkan kini, teknologi canggih tersebut harganya tidak mahal lagi dan telah tersedia di beberapa platform Marketplace e-commerce.

Alat-alat yang canggih ini dapat memudahkan penghuni rumah untuk bisa melakukan berbagai hal. Kebanyakan teknologi canggih ini didukung oleh Google.

Teknologi canggih juga tidak hanya memudahkan para pemilik hunian akan tetapi juga membuat alat elektronik menjadi lebih ramah terhadap lingkungan.

  • Mengedepankan Go Green

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya bahwa teknologi canggih yang digunakan ternyata juga sangat ramah lingkungan.

Kebanyakan para pemilik hunian minimalis memilih berbagai teknologi terbaru yang tidak hanya bermanfaat untuk manusia akan tetapi juga sangat ramah terhadap semesta.

Tak hanya itu saja, apartemen minimalis juga memanfaatkan kaca yang cukup banyak sehingga sinar matahari bisa masuk dan dapat menghemat energi listrik.

Tak hanya itu saja, apartemen minimalis juga sering menggunakan tanaman hias sebagai aksen dekorasi yang menambah kealamian ruangan Anda.

Kelebihan Menggunakan Desain Interior Apartemen Minimalis

Setelah mengetahui ciri-ciri di atas, maka selanjutnya kita akan membahas mengenai kelebihan jika Anda memilih membuat ruangan apartemen Anda menjadi bergaya minimalis. Berikut penjelasan selengkapnya:

  1. Biaya Lebih Murah

Kelebihan yang pertama adalah biayanya lebih murah. Ya, penggunaan furnitur yang sangat minimal membuat biaya dekorasi interior di ruangan apartemen Anda menjadi lebih murah.

Dengan desain minimalis ini, Anda tidak perlu  mengeluarkan banyak uang sehingga lebih hemat dan uangnya dapat Anda alokasikan ke sektor yang lainnya.

  • Sederhana namun terlihat mewah

Kelebihan yang berikutnya adalah tampilannya yang sederhana namun tetap memiliki nilai kemewahan yang cukup memukau.

Namun, tetap saja Anda harus melakukan penataan ruangan yang baik agar ruangan tidak membosankan dan tetap terlihat sangat mewah, jika Anda tidak mampu gunakan jasa desain interior.

  • Ruang Gerak Makin Luas

Dengan Desain Interior Apartemen Minimalis maka ruang gerak bagi pemilik hunian dan siapa saja yang berada di dalamnya juga akan lebih luas.

Tanpa menggunakan sekat dan tidak menggunakan furnitur yang terlalu kompleks membuat ruangan yang sebenarnya sempit akan tetapi menjadi terasa lebih luas sehingga tidak membatasi ruang gerak Anda.

  • Ruangan Lebih Terasa Natural

Seperti yang telah dijelaskan di bagian atas bahwa ruangan apartemen yang menggunakan desain minimalis biasanya menggunakan teknologi yang ramah lingkungan bahkan memanfaatkan energi dari alam. Dengan ini maka ruangan menjadi terasa lebih natural.

Dengan suasana natural dan alami membuat Anda betah berada di rumah apalagi pada saat masa pandemi seperti ini.

Di atas telah dijelaskan mengenai ciri-ciri dan juga kelebihan menggunakan Desain Interior Apartemen Minimalis. Kini, apakah Anda juga ingin memilih menggunakan gaya minimalis untuk Apartemen Anda? Anda juga bisa memadu padankan beberapa gaya menjadi satu untuk mendapatkan ruangan yang cukup unik. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call : +62 852 1787 9503
Whatsapp : +62 852 1787 9503