Alasan yang membuat banyak orang menyukai gaya desain rumah minimalis adalah karena lebih hemat budget. Ya, rumah minimalis tidak memerlukan pernak-pernik yang beraneka macam dan mahal. Cukup desain sederhana dan memiliki fokusan pada satu furnitur utama yang multifungsi sekaligus hemat ruang. Pun, konsep seperti ini tidak akan lekang oleh waktu.

Menurut pernyataan Levantina, arsitektur desain 2021 lebih ke konsep global, ekologi, serta inklusif. Konsep ruang terbuka, garis sederhana, material berbahan alami, serta dekorasi yang menenangkan. Secara sederhananya, konsep seperti ini dikatakan sebagai konsep sustainable development (pembangunan berkelanjutan).Kira-kira seperti apa ide interior rumah minimalis 2021 dengan konsep sustainable development tersebut?

Ide Interior Rumah Minimalis 2021 Berkonsep Sustainable Development

Ide interior rumah minimalis tidak pernah lepas dari yang namanya penggunaan cat dinding sekaligus aksesoris penghiasnya. Jika di 2020 cat warna yang menjadi tren adalah warna-warna bumi seperti hijau zaitun, cokelat, kuning tua, gelap, dan saffron. Sedangkan aksesorisnya adalah yang bernuansa klasik.

Seperti apa cat dinding dan aksesoris interior rumah minimalis di 2021? Intip dulu pembahasan ini, yuk?

  1. Mengusung Konsep Industrial
Mengenal Konsep Desain Industrial Untuk Hunian - Handal Selaras Group

Sumber: Google

Konsep industrial identik dengan kesan messy (berantakan), simple, easy going, dan maskulin. Jika dulu konsep industrial lebih sering ditemui pada ruang-ruang komersial dan publik, sekarang konsep industrial sudah banyak diadaptasi oleh pemilik hunian minimalis.

Gaya yang menonjol dari konsep industrial adalah suatu ruangan yang pembuatannya unfinished (belum selesai), sehinggamembuatnya apa adanya, ‘ga neko-neko’. Walau begitu, kesan kuatnya sangat terasa.

Material yang digunakan biasanya berupa batu bata, baja, beton, memanfaatkan banyak logam, barang-barang bekas sebagai furniturnya, dan konstruksi langit-langit yang terbuka.

Untuk warna sendiri, banyak gaya industrial yang identik dengan warna-warna gelap. Namun, dengan membuat kesan unik berupa warna-warna cerah pun mampu membuat suasana lebih ekspresif dan sangat kohesif.  Unik, tampil beda!

  • Memiliki Banyak Jendela Lebar
Photo Courtyard Architecture Tropical Modern Semi Detached House 8 desain  arsitek oleh rully tanuwidjaja - ARSITAG

Sumber: Google

Memiliki rumah minimalis di daerah tropis seperti Indonesia, memang menjadi PR tersendiri bagi penghuninya. Terlebih rumah minimalis ini banyak berlokasi di perkotaan dengan cuaca yang tidak menentu, tingkat kelembaban yang tinggi, hawa panas yang tidak ditunjang dengan penggunaan air conditioning (AC) membuat penghuninya kurang nyaman jika berlama-lama di dalam rumah.

Solusi terbaik guna menciptakan kenyamanan dengan kondisi dan situasi seperti di atas adalah dengan membuat rumah minimalis yang memiliki banyak jendela lebar (hemat energi).

Anda bisa memanfaatkan lingkungan daerah tropis secara alami melalui pemasangan jendela lebar tersebut. Pertama, hemat penggunaan AC, sehingga hanya memerlukan udara segar dari luar. Jendela lah ventilasi udara terbaik dan alami.

Kedua, hemat penggunaan listrik untuk pencahayaan, sehingga pada siang hari cukup mengandalkan cahaya matahari. Pun dengan pagi hari, cahaya matahari pagi (sunrise) bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

  • Interior Ruang yang Terbuka
Foto Desain Interior Rumah Mungil | Desain kamar, Desain interior, Ide  dekorasi rumah

Sumber: Google

Sejalan dengan konsep jendela lebar, interior ruang terbuka menjadi ciri dari desain interior rumah dengan konsep sustainable development.

Anda tidak memerlukan sekat-sekat pekat sebagai transisi ruangan. Cukup menggunakan transisi yang masih terlihat dari banyak sisi atau tanpa sekat sama sekali.

Namun, Anda harus lebih pandai dalam menata barang-barang di dalam rumah. Karena tanpa sekat biasanya akan terlihat kurang rapi.

Misal dalam gambar, pemakaian sekatnya seperti semi permanen. Selama penataannya rapi, tanpa sekat pun tidak jadi penghalang. Bahkan masih terdapat celah yang bisa membuat cahaya matahari dan udara masuk ke dalam ruangan.

Dengan begitu, konsep ruang terbuka ini akan hemat energi dan ramah lingkungan. Menginginkan konsep terbuka untuk rumah minimalis Anda?

  • One Space Kitchen
Small Space Solutions: Maximise Your Single-Wall Kitchen

Sumber: Google

Tak terkecuali interior dapur. Mengusung konsep sustainable development, desain interior dapur tidak memiliki sekat. Biasanya langsung berdekatan dengan ruang keluarga.

Kendati demikian, akan lebih baik jika Anda bisa memaksimalkan bar sebagai tempat makan sekaligus. Sehingga tidak memerlukan meja makan tambahan. Selama fungsinya sama, tidaklah masalah menggunakan bar yang multi fungsi. Keuntungan lainnya adalah bisa lebih hemat space.

  • Rumah Minimalis, Rumah Pintar yang Tetap Praktis
Smart Home – wann kommt die vernetzte Revolution zuhause? | magility

Sumber: Google

Rumah minimalis tidak melulu apa-apa serba terbatas. Bahkan melalui gawai atau sistem teknologi rumah pintar (smart home), segala sesuatunya bisa dimonitor dengan baik secara otomatis.

Cukup dengan satu teknologi khusus, Anda bisa membuka pagar, mematikan air, dan mematikan lampu dalam satu sentuhan. Desain smart home ini bisa membantu Anda lebih menghemat energi, loh!

  • Menambah Tanaman Hias
10 Tanaman Hias yang Bikin Interior Rumah Makin Cantik

Sumber: Google

Alvin Wayne, seorang desainer interior mengatakan bahwa dengan merawat tanaman hias mampu membantu penghuninya menghilangkan stress dari aktivitas hariannya.

Ya, Anda tidak akan jenuh di rumah saja. Anda bisa merawat tanaman, berbicara dengan tanaman. Dengan kegiatan sederhana ini, kebahagiaan akan tumbuh dan stress pun akan hilang.

Sehingga kesehatan mental tetap terjaga. Begitupun dengan konsep sustainable development juga tetap terealisasi.

Anda juga bisa menambahkan furnitur-furnitur alami untuk menambah kesan alami suatu ruangan. Misalnya, penggunaan kayu, rotan untuk meja, sekat kecil, atau rak-rak kecil.

  • Interior Nuansa Biru
10 Trik Menata Rumah Sederhana Tapi Elegan

Sumber: Google

Vikki Long, seorang desainer interior mengatakan bahwa ruangan dengan nuansa biru masih menjadi juara di 2021. Biru memang menjadi warna pantone atau yang kerap dipakai dalam dunia desain karena memberikan ketenangan.

Tenangnya nuansa biru senada dengan tenangnya konsep sustainable development. Maka tak heran, kesan relaksasi dari interior rumah minimalis yang bernuansa biru semakin terasa.

Jika ingin lebih bermain warna, Anda bisa memadu-padankan nuansa biru dengan ornamen warna-warna cerah, seperti emas atau kuning. Suasana hidup lebih terasa dan tidak membosankan.

Itulah inspirasi ide interior rumah minimalis 2021 yang mengusung konsep sustainable development. Segera eksekusi, jangan tunggu nanti. 2021, waktu terbaik untuk lebih dekat dengan alam melalui desain rumah yang Anda usung. Hemat energi dan ramah lingkungan. Suasana menyenangkan pun akan Anda dapatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call : +62 852 1787 9503
Whatsapp : +62 852 1787 9503