Kitchen Set: Furniture Dapur Dengan Segala Fungsi

Bagi ibu rumah tangga menyajikan makanan bagi keluarga merupakan salah satu kewajiban yang harus dijalankan setiap hari. Karena dapur menjadi ‘rumah dinas’ setiap hari bagi ibu rumah tangga, maka kelengkapan perlengkapan seperti contoh kitchen set minimalis  menjadi furniture yang tidak boleh terlupakan.

Anda mungkin pernah merasa bosan dengan tampilan dapur yang itu-itu saja. Oleh karena itu menggunakan kithen set dengan desain yang unik bisa menjadi alternatifnya. Lalu apa saja manfaat penggunaan kitchen set dapur?

Manfaat kitchen set untuk dapur

  1. Merapikan dapur

Manfaat pertama yang dapat anda peroleh denngan penggunaan kitchen set adalah dapur akan terlihat lebih rapi. Karena penataan segala perabot dapur seperti alat-alat masak dantemapt bumbu-bumbu tidak berserakan. Dengan begitu semua barang akan tertata dengan baik dan selalu terlihat rapi setiap saat.

  • Tampilan dapur lebih indah

Dengan penataan perabot yang rapi, maka ruangan dapur anda akan terlihat semakin indah. Saat ini banyak dijual aneka kitchen set dengan desain dan tampilan yang menarik. Dengan begitu, anda akan lebih mudah memilih mana kitchen set yang cocok sesuai dengan keadaan dapur.

  • Memudahkan kegiatan memasak

Setiap kitchen set pasti selalu dilengkapi dengan berbagai alat-alat yang diperlukan untuk kegiatan memasak. Segala kebutuhan alat memasak tersebut disediakan secara praktis , sehingga anda akan lebih mudah untuk memasak. Tentu anda menginginkan proses memasak yang anti ribet! Berbeda halnya jika anda tidak menggunakan contoh kitchen set minimalis  yang membuat segala kebutuhan baik bumbu ataupun perabot dapur tercecer dimana-mana.

  • Tempat penyimpanan perlengkapan dapur

Pada umumnya kitchen set akan dilengkapi dengan beberapa bagian. Seperti kabinet bawah, kabinet atas, area persiapan, area mencuci piring dan area memasak. Nah untuk area kabinet atas dan bawah ini anda dapat memanfaatkannya untuk menyimpan barang-barang. Berbagai perlengkapan dapur yang berukuran kecil dan juga alat makan ditempatkan pada bagian atas karena lebih sering digunakan. Sedangkan perlengkapan yang jarang digunakan ditempatkan pada kabinet bawah agar mudah diambil.

5 jenis material terbaik untuk kitchen set

Setiap orang tentu ingin memiliki kitchen set yang awet digunakan serta kondisi yang selalu terlihat  baru. Oleh karena itu dalam memilih kitchen set anda jangan hanya melihat tampilan luarnya saja. Melainkan juga perlu mengetahui apa saja material contoh kitchen set minimalis  yang digunakan dalam pembuatannya. Nah berikut beberapa jenis material terbaik yang bisa anda pilih untuk membuat kitchen set ruang dapur.

  1. Kayu solid

Material pertama yang paling umum digunakn sebagai bahan dasar kithen set adalah kayu solid. Kayu solid senditi terdiri dari beberapa jenis mulai dari kayu jati, kayu rosewood, kayu mindi, dan kayu melia. Penggunaan kayu soli tidak beracun dan tersedia dalam beberapa variasi alami, seperti tekstur, serat dan warna. Kitchen set dari material kayu solid sangat cocok digunakan untuk desain dapur tradisional maupun kontemporer. Dalam memilih kayu solid sebagai bahan kitchen set anda perlu berhati-hati. Sebab kualitas kayu yang buruk akan lebih mudah penyok bahkan patah. Anda juga perlu melakukan polish secara teratur karena tingkat kelembapan ruangan dapat mempengaruhi kelembapan kayu.

  • Kayu veneer

Veneer merupakan lembaran atau irisan kayu solid yang kemudian ditempel pada substrats. lembaran kayu ini kemudian akan dipoles dan diwarnai untuk mendapatkan tekstur dan warna yang bagus. Karena memiliki keindahan kayu yang indah inilah mengapa veneer sering digunakan sebagai material pembuat contoh kitchen set minimalis  . Veneer juga memiliki harga yang lebih ekonomis karena hanya berupa irisan kayu yang tipis. Namun ketika terkena cahaya alami veneer akan terlihat berubah warna. Penggunaan material veneer juga perlu polesan ulang jika sudah lama digunakan.

  • PVC

Poly Vinyl Chloride atau PVC merupakan lembaran palstik yang digunakan pada kitchen set untuk mendapatkan hasil yang kuat. Selain harganya cukup murah, PVC juga cukup mudah untuk dipasang. Biasanya PVC tersedia dalam varian warna-warna yang terang seperti putih atau krem. Bagi anda yang gemar memasak penggunaan kitchen set dari bahan PVC ini sangat tepat karena tahan air dan tahan minyak. Sifat anti rayap dan anti korosif membuat PVC menjadi alternative yang baik sebagai pengganti kayu. Namun yang perlu diketahui, PVC tidak memiliki pola sehingga hanya berupa warna terang yang polos. Selain itu material ini juga akan menguning seiring dengan jangka waktu penggunaannya.

  • Laminasi

Laminasi menjadi material selanjutnya yang paling sering digunakan sebagai pengganti kayu solid. Hampir mirip dengan veneer, laminasi berupa lembaran tipis yang disusun secara bergantian menggunakan lapisan resin plastic. film plastic keras, dan kertas dengan lapisan cetak denga pola dan desain berbeda. Meskipun harganya cukup terjangkau, namun laminasi memiliki ketahanan yang cukup baik. Laminasi juga tidak tidak perlu sering dipoles karena tidak mudah tergores. Cara membersihkannya cukup mudah karena material ini tahan terhadap kelembapan. Tetapi yang harus anda ingai, karena laminasi ini berasal dari resin berbahan dasar plastic. Maka kemungkinan besar akan cenderung lebih mudah mengelupas.

  • Alumunium atau stainless steel

Material pembuat kitchen set terakhir  berasal dari alumunium atau stainless steel. Alumuniun kini juga cukup sering digunakan karena sangat kuat dan awet. Oleh karena keunggulan itulah material ini dibanderol denngan harga yang cukup mahal. Alumunium cocok digunakan untuk material contoh kitchen set minimalis  secara keseluruhan atau sebagian saja. Tetapi material ini hanya tersedia dalam beberapa warna yang terbatas. Dan ketika lapisan mengkilap berkarat atau teroksidasi maka anda perlu mempolishnya ulang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call : +62 852 1787 9503
Whatsapp : +62 852 1787 9503