Memiliki hunian vertikal kekinian, praktis, dan penuh daya tarik, siapa yang tidak menginginkannya? Semua orang, khususnya generasi millenial berlomba-lomba agar bisa memilikinya. Hunian itu adalah apartemen. Hunian yang terletak di area strategis ini lebih banyak diincar generasi millenial yang sibuk bekerja daripada rumah tapak.

Bagi pemilik apartemen baru, terkadang masih mengalami kendala dalam hal penataan dekorasi barang atau perabotan. Terlebih ketika ukuran apartemennya kecil dan perabotannya banyak, harus ekstra kreatif memaksimalkan setiap sisinya. Untuk itu, siapkah Anda mengatasi masalah tersebut dengan mengaplikasikan tips hemat dekorasi apartemen baru berikut ini?

Tips Hemat Dekorasi Apartemen Baru

Kunci agar bisa menata perabotan banyak di ruangan terbatas, contohnya apartemen dengan area sempit dan tidak sebesar rumah gedongan adalah kreatif. Kreatif memanfaatkan perabotan dengan memperhatikan sisi fungsionalitasnya sekaligus masih tetap memperhatikan nilai estetikanya. Berikut tips yang bisa Anda aplikasikan.

  1. Memanfaatkan Transisi Setiap Sisinya Sebaik Mungkin
10 Trik Rahasia Dekorasi Apartemen Mungil Yang Wajib Kamu Tahu

Sumber: Google

Pemanfaatan transisi setiap sisinya memang menjadi hal penting pertama yang harus diperhatikan dalam menata dekorasi apartemen baru. Jika ukuran apartemennya luas, maka masih santai dalam mendekor. Tetapi jika ukuran apartemennya sempit, maka perlu ekstra memutar otak yaitu bagaimana dengan ruangan sempit tersebut penataannya bisa maksimal.

Anda bisa memanfaatkan sekat non permanen atau semi permanen berupa rak buku, sekat batangan kayu atau lainnya yang masih bisa terlihat dari sisi lainnya. Jadi, konsep ruang terbuka tetap ada, namun tidak membiarkan semua sisinya terbuka begitu saja.

Dengan demikian, ruangan tetap bisa diisi banyak barang. Serta, melalui sekat semi permanen, kesan berantakan dari banyaknya barang tersebut kesannya berubah menjadi lebih rapi.

  • Memaksimalkan Pemanfaatan Ruang Dari Furniture
DESAIN FUNGSIONAL DI APARTEMEN - PressReader

Sumber : Google

Manfaatkan setiap ruang dari furniture sebaik mungkin. Misalnya, banyak furniture di apartemen dengan rak susun tinggi (vertikal). Manfaatkan rak kosong untuk tempat barang-barang yang selama ini bingung harus ditata dimana.

Bukan apa-apa, terkadang penghuninya abai karena sibuk bekerja. Akhirnya barang-barang tersebut tidak tertata dengan rapi. Nah, ini juga akan memperluas perspektif baru agar Anda bisa memanfaatkan ruang yang selama ini belum termanfaatkan dengan baik.

  • Gunakan Furniture Dual Fungsi
Tempat Tidur Sofa Dual Penggunaan Multi Fungsi Sofa Lipat Nordic Ins AnginUkuran Apartment Living Room Sofa Modern|Sofa Ruang Tamu| - AliExpress

Sumber : Google

Pemilihan furniture dual fungsi ini menjadi rekomendasi ampuh apabila ingin selalu memiliki ruangan yang luas dan memiliki kesabaran lebih. Pasalnya, Anda harus selalu menata furniture tersebut ketika akan digunakan untuk aktivitas yang berbeda.

Contohnya adalah sofa yang bisa berfungsi sebagai tempat tidur. Cukup melipatnya ketika ingin digunakan sebagai sofa dan membentangkan ketika digunakan sebagai tempat tidur. Hemat ruang dan estetikanya masih dapat, loh.

  • Mengorganisir Barang-Barang Sebaik Mungkin
12 lapisan pintu kembali sepatu rak gantung di belakang pintu|doorback|door hangingdoor shoe rack - AliExpress

Sumber : Google

Banyak sisi apartemen yang jarang mendapat perhatian pemiliknya. Anda bisa memanfaatkan bagian-bagian tersebut menjadi storage yang memiliki fungsi.

Misalnya, memanfaatkan sisi belakang pintu sebagai rak sepatu. Selain pemiliknya mampu mengorganisir barang-barang dengan rapi, juga memunculkan sisi kreativitas.

Organizer seperti ini juga bisa memisahkan antara barang yang sering dipakai dengan barang yang jarang dipakai. Sehingga, akan memudahkan ketika suatu saat barang-barang yang telah terorganisir tersebut dibutuhkan oleh pemiliknya.

  • Memilih Warna-Warna Netral yang Terang
Dengan 5 Cara Ini, Apartemen Studio Bisa Lebih Nyaman dan Natural Halamanall - Kompas.com

Sumber : Google

Pemilihan warna dinding atau furniture yang digunakan harus Anda perhatikan. Pilihlah warna-warna netral yang terang seperti putih, cream, atau abu muda. Warna-warna netral yang terang inilah sumber kesan luas suatu ruangan.

Jika menginginkan sentuhan warna netral yang gelap (kelam), boleh-boleh saja. Asalkan hanya di sudut terkecilnya saja, bukan secara keseluruhan. Serta, padu-padankan warna netral yang gelap tersebut dengan tambahan aksesoris cerah untuk menampilkan kontras yang tetap indah.

  • Bermain Dengan Desain dan Kontur Furniture
Pin oleh Rin Bnam di Decor | Ide apartemen, Dekorasi rumah, Rumah

Sumber : Google

Ciptakan kesan unik dari desain dan kontur furniture yang sering ada di apartemen. Biasanya, desain sekaligus furniturenya terkesan kaku.

Kesan uniknya adalah dengan memilih desain bulat, lonjong, menambah bantalan-bantalan sofa, atau bahkan menhadirkan spot-spot yang dengan mudah membuat tubuh ini santai menikmati suasana apartemen.

Jangan takut untuk bermain-main dengan desain dan kontur furniture. Semakin Anda percaya diri memainkannya, hasil padu-padannya juga akan semakin bagus.

  • Menambahkan Tanaman
Desain Apartemen Bergaya Minimalis

Sumber : Google

Tanaman yang ada di dalam ruangan akan membuat suasana ruangan terasa lebih segar. Lebih baik memang menggunakan tanaman asli. Tetapi apabila menggunakan tanaman sintetis, masih sah-sah saja.

  • Manfaatkan Penggunaan Kaca dan Jendela
Penyekat Kaca Buat Tampilan Tanpa Batas di Apartemen 35 m²

Sumber : Google

Kaca, suatu hal yang tidak boleh terlewatkan begitu saja. Dengan Anda memanfaatkan kaca untuk cermin maupun kaca sekat, kesan luas akan mudah terbentuk.

Anda pun bisa bersantai di dekat kaca sambil menikmati pemandangan luar. Atau jika kaca tersebut bisa dibuka, segarnya udara dan sunrise di pagi hari bisa dirasakan secara langsung. Sehat dapat, nikmatnya alam terbuka pun dapat.

  • Jangan Boros
sENTUHAN TRADISI PADA INTERIOR MODERN KARYA ARY JUWONO – dsgntalk

Sumber : Google

Membeli aksesoris ruangan boleh-boleh saja. Karena dengan adanya aksesoris seperti patung, lukisan, hiasan dinding, atau lainnya bisa menambah nilai estetika interior apartemen. Semakin estetik interiornya, produktivitas harian juga bisa semakin meningkat.

Berbeda halnya dengan boros. Janganlah boros dengan membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan. Jangan berdalih meningkatkan nilai estetika padahal ruangannya sudah estetik. Yang ada hanya kesia-siaan belaka.

Jika memang ingin membeli aksesori baru, lebih baik dikeluarkan terlebih dahulu barang-barang yang sudah tidak ingin dipakai. Keluarkan dengan memberikan barang tersebut kepada orang lain atau menjualnya. Baru kemudian membeli yang baru.

Gimana, apakah 9 tips hemat dekorasi apartemen baru ini bisa membantu Anda dalam menata interior apartemen sebaik mungkin? Harapannya sih iya, jadi semua barang yang ada di apartemen Anda bisa dimanfaatkan sebaik mungkin dengan tetap memperhatikan nilai estetikanya.

Khususnya pengguna apartemen baru, selamat mengkreasikan gagasan untuk menata hunian praktis dan penuh daya tarik ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call : +62 852 1787 9503
Whatsapp : +62 852 1787 9503