Wall Moulding Menjadi Pilihan Terbaik Untuk Interior Dinding

Belakangan, trend wall moulding untuk mempercantik interior dinding semakin berkembang. Untuk mengikuti trend yang ada, para pecinta kreativitas home décor banyak yang menggunakan jasa atau melakukannya secara mandiri (Do It Yourself/ DIY).

Seperti apa sih kira-kira trend molding tersebut? Dan kenapa bisa begitu digemari oleh pecinta home décor?
Apa Itu Wall Moulding? Wall Moulding atau biasa disebut dengan moulding/ molding adalah sebuah teknik mendekor interior dinding rumah menggunakan cetakan untuk memberikan bentuk sesuai keinginan.
Mold sendiri adalah sebuah blok kosong yang diisi cairan, seperti gelas, plastik, atau logam. Cairan tersebut akan mengeras atau menetap di dalam mold untuk mengambil bentuknya. Dekorasi semacam ini sering Anda jumpai pada rumah dengan gaya klasik, seperti rumah dengan gaya klasik Amerika. Walau demikian, saat ini sudah banyak juga rumah dengan gaya minimalis yang mempercantik interior dindingnya menggunakan dekorasi molding. Tentunya dengan corak bentuk yang berbeda.

Fungsi Molding
Selain wall moulding untuk mempercantik interior dinding, sebenarnya fungsi molding adalah untuk memberikan koreksi pada permukaan dinding yang kurang rata. Melalui cetakan tersebut paling tidak akan memberikan bayangan seolah-olah suatu permukaan dinding itu rata.
Apalagi, untuk ruangan tertentu seperti ruang tamu, ratanya permukaan dinding menjadi poin penting yang harus diperhatikan. Apabila permukaannya tidak rata, tidak simetris, tidak siku, maka akan terlihat kurang menarik.

Material Wall Moulding
Banyak material yang digunakan untuk memasang moulding. Namun, yang paling populer adalah molding gypsum dan molding kayu.

• Molding Gypsum
Molding Gypsum adalah dekorasi cetakan interior dinding yang terbuat dari material campuran bahan kertas. Molding gypsum menjadi ciri khas rumah mewah dengan corak dan gambar yang beragam.

• Molding Kayu

Molding kayu adalah dekorasi cetakan interior dinding yang terbuat dari kayu. Molding kayu terlihat sederhana, namun tetap elegan. Meskipun keduanya sama-sama diaplikasikan untuk menciptakan aksen cantik, mewah, dan elegan pada interior dinding rumah, tetapi keduanya memiliki perbedaan lain dari segi harga dan perolehan.
Molding gypsum memiliki harga yang lebih murah daripada molding kayu. Pun, molding gypsum lebih mudah diperoleh daripada molding kayu.

Alasan Molding Menjadi Pilihan Terbaik Untuk Interior Dinding

• Molding Mampu Memberikan Koreksi Pada Permukaan Dinding
Yang namanya membangun rumah, pasti tidak selalu sempurna hasilnya. Bahkan rumah mewah pun ada yang permukaan dindingnya masih belum rata.

Oleh karena itu, solusi terbaik untuk mengoreksi permukaan dinding rumah adalah dengan memasang wall moulding.

• Molding Memberikan Kesan Mewah dan Mahal

Teknik pemasangan molding pada interior dinding rumah bisa memberikan kesan mewah dan mahal. Ya, karena dinding Anda tidak akan polosan, melainkan akan ada sentuhan corak, warna, hingga material untuk memberikan kesan timbul pada permukaan dinding. Anda bisa mengaplikasikan molding ini dengan gaya klasik Amerika, Victoria, atau lainnya yang sederhana.

• Molding Gypsum dan Kayu Memberikan Kesan Rapi

Mirip dengan ‘koreksi’, penggunaan molding gypsum dan atau kayu bisa memberikan hasil yang lebih rapi. Tembelan-tembelan, jahitan-jahitan yang ada pada dinding, bisa tertutup dengan material molding. Semakin rapi, semakin mudah juga untuk merawat dan membersihkannya.

• Molding Mendukung Detail Ruangan

Merenovasi rumah dengan menambah detail khusus pada ruangan memang mahal. Tetapi, Anda bisa menyiasatinya dengan hanya menambahkan molding. Crown molding, salah satu molding efektif untuk menambah detail ruangan. Anda bisa menambahkannya di sudut ruangan interior dinding, di atas jendela, atau di atas pintu agar hasilnya semakin artistik dan menarik.

• Molding Membuat Nyaman Penghuninya

Ya, siapa penghuni rumah yang tidak nyaman apabila dekorasi ruangannya menarik, mewah, dan elegan? Tidak ada bukan? Rasa-rasanya, semuanya menginginkan hal serupa. Namun, terkadang masih terkendala dengan ide, proses eksekusi, atau bahkan anggaran yang dikeluarkan. Padahal, banyak referensi yang bisa dijadikan ide. Proses eksekusinya tidak terlalu berat. Begitupun dengan anggaran yang dikeluarkan tidak terlalu besar. Molding sebagai solusi interior dinding cantik, mewah, dan elegan wajib menjadi pilihan terbaik Anda. Dengan begitu, Anda pun akan nyaman berlama-lama di dalam ruangan tempat tinggal Anda.

Cara Memasang Molding Dinding
Jika Anda menggunakan jasa pemasangan molding, maka Anda sudah tidak perlu lagi ribet memikirkan bagaimana cara memasangnya. Hanya, jika Anda ingin memanfaatkan waktu luang dengan DIY molding dinding, Anda harus tahu cara memasangnya.
• Ukur dan tandai tembok yang ingin Anda pasang molding dinding.
• Potong dan tempel list kayu untuk mengkreasikan molding dinding sesuai keinginan menggunakan lem dan paku.
• Cat kayu tersebut menggunakan warna putih atau sesuai keinginan.
• Agar semakin cantik, hias dinding dengan wallpaper atau cermin.

Bagaimana memasang molding dinding untuk jenis material gypsum? Untuk material gypsum, caranya juga sama, hanya tinggal menyesuaikan sedikit sesuai material yang Anda pilih. Bakunya ya mengukur, menyiapkan bahan dan memasangnya.
Tips Memasang Molding Dengan Hasil Menarik

• Pilih Detail yang Tidak Tabrakan
Detail dinding biasanya berfungsi untuk menghidupkan ruangan. Namun, jika terlalu banyak menggunakan detail, bisa saja dinding satu dengan lainnya terkesan tabrakan dan itu justru akan kurang enak dipandang. Jadi, Anda harus tetap pandai memilih mana detail yang cocok digunakan antara dinding satu dengan lainnya, lengkap dengan aksesoris pendukungnya.

• Gunakan Cat Putih

Sudah bukan rahasia lagi jika cat putih mampu membuat interior semakin mewah dan memberikan harmoni keindahan yang menyatukan heterogenitas furnitur dan perabot dalam ruangan.

• Gunakan Tone Warna Senada

Jika Anda ingin mencoba warna baru, selain putih, coba saja. Asal, Anda harus pandai dalam memilih warna dengan tone senada. Lagi-lagi untuk keserasian memang lebih bagus warna senada. Ruangan tidak terlihat ramai dengan banyaknya warna yang dipakai.

• Warna Berseberangan Bagus Juga, Asal?

Namun, tidak menutup kemungkinan, Anda ingin berkreasi dengan warna yang berseberangan. Nah, jika ini pilihan Anda, gunakan standar pemilihan warna berdasarkan diagram lingkaran warna. Untuk sudut 90 derajat, warna yang cocok dipadupadankan warna apa, dan seterusnya.

• Pilih Desain Sederhana Untuk Ruangan Kecil

Fungsi wall moulding adalah untuk mempercantik dan menjadi koreksi dinding. Jika ruangannya luas, itu tidak terlalu menjadi masalah. Namun, jika ruangannya sempit bagaimana?

Anda masih bisa menerapkan wall moulding di ruangan sempit dengan cara memilih wall moulding yang minim detail aksesoris. Karena, jika terlalu banyak detail aksesoris, ruangan akan terasa semakin sempit dan susah dalam hal perawatannya. Menarik tidaknya interior dinding Anda, tergantung bagaimana Anda mengkreasikannya. Karena, terlihat mewah dengan anggaran yang tidak menguras kantong saja tidak cukup, Anda perlu menciptakan kenyamanannya juga.